Kala berada di depan komputer, pernahkah Anda serasa lupa waktu? Sering pastinya. Lantas ke manakah semua waktu Anda pergi? Sadarkah Anda pada aplikasi apa saja yang paling sering Anda gunakan; winamp, media player, firefox, counter strike, zuma, atau yang lain? Apakah Anda sadar berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menjelajah di situs-situs tertentu. Secara umum, sadarkah Anda pada waktu produktif dan buang waktu selama bekerja dengan komputer?

Meskipun tahu bahwa melacak aktivitas kita dalam berkomputer itu penting, tapi tidak lantas melakukan pelacakan itu merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Mau lakukan pencatatan manual kan ya malah ribet sendiri. Nah, untuk ini, untungnya ada tool yang bisa sangat membantu dan memudahkan kita dalam melacak produktivitas berkomputer.

RescueTime adalah tool berbasis web yang bisa membantu Anda melacak segala yang Anda lakukan dengan komputer. Awalnya Anda cuma perlu mengunduh aplikasi kecil yang nantinya bertengger di task tray. Aplikasi ini akan secara berkala mengirimkan update dari aktivitas Anda ke dashboard pribadi Anda yang tersimpan secara online. Sehingga di sini, Anda tak perlu melakukan input apa pun! Semua tercatat secara otomatis. Anda tinggal menikmati hasil pantauan pada dashboard yang ada. Dan -jika Anda sudah bertanya-tanya- RescueTime menyediakan paket gratis bagi individu untuk Anda manfaatkan.

RescueTime terdiri dari dua elemen: (1) Aplikasi mungil yang ada di komputer Anda, dan (2) Website yang menampilkan dashboard produktivitas Anda.

Ketika sudah terinstal, Anda akan melihat ikon kecil di system tray (atau menu, untuk Mac). Opsi preferensinya amat sederhana, hanya seperti yang berikut ini. Kedua tombol di form ini akan membawa Anda pada browser.

Dashboard Anda akan bisa menunjukkan data harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Seluruh penggunaan waktu dibagi menjadi aktivitas, kategori, dan rangking produktivitas.

Sebagaimana Anda lihat di capture atas, Anda bisa membandingkan tingkat produktivitas Anda dengan ratusan ribu pengguna lain secara rata-rata.

Anda juga bisa melacak tingkat produktivitas harian Anda di sini; apakah waktu Anda cenderung habis untuk aktivitas produktif ataukah yang sangat melenceng dari produktivitas kerja. Lantas bagaimana aplikasi ini bisa tahu mana-mana yang terbilang produktif dan yang bukan? Anda akan mengaturnya di preferensi sebagaimana yang tampak di bawah.

Mengatur preferensi sebagaimana di atas memang makan waktu, namun ini hanya perlu dilakukan sekali saja. Yang terpenting adalah Anda bisa bersikap jujur; kala facebook semisal Anda gunakan tanpa ada imbal produktif bagi karir, melainkan sekedar untuk bertamasya dan bercengkrama, Anda harus berani mengakui bahwa itu adalah aktivitas yang distracting. Demikian juga jalan-jalan Anda di detik.com, kaskus, ataupun yang lain. Maka nanti Anda akan bisa melihat overview produktivitas Anda berdasar kategori aplikasi yang Anda gunakan.

Menariknya, selama menggunakan RescueTime ini, aktivitas yang saya lakukan di beberapa komputer -baik di Windows ataupun Mac- bisa tetap terlacak; asalkan aplikasi pantauannya terpasang. Maka entah kemudian Anda mengakses winamp di satu komputer, bermain game di komputer yang lain, serta betul-betul bekerja di komputer lainnya, semua akan tercatat.

Chart semacam ini akan sangat berguna bagi Anda untuk bisa mengetahui di mana tepatnya Anda paling banyak menghabiskan waktu. Yang paling minimal, Anda akan mengetahui apakah Anda telah terbilang produktif atau tidak.

Jika Anda subscribe untuk versi profesional individu (6-9 dollar per bulan), Anda akan dapatkan fitur tambahan, semisal saja Get Focused. Dengan layanan ini, Anda akan dibantu untuk betul-betul berfokus pada pekerjaan yang Anda hadapi dengan cara memblokir akses terhadap situs-situs tertentu yang masuk dalam kategori distracting.

Lantas bagamaimana dengan aktivitas offline?
RescueTime memfasilitasi pelacakan aktivitas offline. Semisal Anda tampak menganggur dalam rentang waktu tertentu, lima menit atau lebih, maka Anda akan ditanya, “Anda habis ngapain?” dengan beberapa alternatif jawaban yang bisa kita atur. Contoh tanggapannya semisal “Rapat”, “Terima panggilan telepon”, “Bukan urusan kerja”, serta ada juga “Bukan urusanmu, jangan catat waktu yang barusan ini”. Saya pribadi kurang gemar pada fitur yang satu ini, serta lebih suka membiarkan aplikasi pemantau mencatat apa-apa saja tanpa perlu input sama sekali dari saya.

Jadi… bila Anda betul-betul serius ingin jadi lebih produktif, mulailah dengan memantau ke manakah perginya waktu-waktu Anda selama bekerja dengan komputer. Biarkan aplikasi ini yang melakukan kerjanya, Anda tinggal memantau bagaimana performa Anda melalui dashboard yang tersedia.

Silahkan mendaftar di sini untuk melakukan trial versi profesional selama 14 hari. Anda bisa bergabung dengan menggunakan akun gmail Anda.

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s