Tipe Orang yang Harus Dipunya dalam Jaringan Relasi Anda

Berapa teman Anda di facebook; di atas dua ribu? Atau di atas empat ribu barangkali? Lantas itu mengartikan apa? Kuantitas, iya. Tapi mari kita lihat aspek K yang kedua: Kualitas. Apakah jaringan Anda berkualitas? Jangan-jangan lebih dari separuh teman Anda adalah orang-orang yang tidak/belum Anda kenal.

Dalam pertemanan dan pembentukan relasi, amatlah penting bagi kita untuk memiliki kekuatan dan komposisi relasi yang baik. Kekuatan serta kemanfaatan jaringan kita hanya akan sebaik kualitas orang-orang di dalamnya. Lebih dari itu, kebergunaan jaringan akan juga ditentukan oleh keseimbangan komposisi model orang-orang yang ada di sana. Idealnya, Anda akan perlu memiliki pertemanan yang di sana ada orang-orang dengan model sebagai berikut:

1. Role Model atau Panutan

Yakni orang-orang yang terlebih dahulu telah meraih sukses sebagaimana yang Anda juga idamkan. Dari mereka, Anda bisa belajar kesuksesan dan juga kegagalan mereka, Anda belajar kebijaksanaan dan pengalaman mereka. Mereka akan jadi relasi yang sangat berguna mengingat mereka telah terlebih dulu mengalami suka duka dan menjalani terjal dan dalamnya tantangan dalam impian yang Anda juga inginkan. Jika Anda bisa menjadikan mereka sebagai mentor, itu akan sangat baik sekali.

2. Orang Dalam dan Kompeten di Pekerjaannya

Ini adalah siapapun yang berada di internal perusahaan, asosiasi, atau komunitas apapun yang Anda punya kepentingan di sana. Dari mereka, Anda bisa dapatkan ‘gosip-gosip’ terbaru (yg legal tentunya). Semisal saja, dengan berteman dengan orang internal dari perusahaan penyedia layanan selular, Anda bisa dapatkan info terkait teknologi perangkat mobile, peluang kompetisi publik yang akan diadakan sebelum dia dipublikasikan, dan sebagainya. Dari mereka, Anda juga akan bisa dapatkan banyak pencerahan dalam bentuk perspektif yang tajam sesuai pekerjaan mereka dan masukan untuk gagasan-gagasan Anda.

3. Sang Pembawa Kabar

Mereka adalah orang-orang yang selalu lebih dahulu tahu dan juga lebih banyak tahu perihal topik dan apapun yang sedang ngetrend saat ini. Pastinya, dari mereka Anda bisa dapatkan banyak masukan terkait topik yang Anda suka, dan juga bisa minimal banyak wawasan yang membuat Anda tak ketinggalan jaman dan bisa tampak cerdas dalam pergaulan di topik tertentu. Sang pembawa kabar tak jarang juga banyak tahu tentang bagaimana kabar orang-orang yang dia kenal dan juga orang-orang penting dan terkenal.

4. Sang Penghubung

Ini adalah orang-orang yang memiliki akses pada sumber daya, orang-orang, dan informasi. Sang penghubung tentunya adalah orang yang sangat tepat untuk membantu Anda mewujudkan rencana dan gagasan Anda, karena mereka bisa membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang tepat, serta mendapatkan peluang-peluang baik dari segala jaringan yang mereka punya.

5. Sang Rekanan

Anda butuh miliki relasi dari kalangan mereka yang berada dalam pekerjaan atau profesi yang sama atau mirip dengan Anda. Sudah pasti, dengan mereka Anda bisa saling berbagi sumber daya, kesempatan, dan informasi. Apakah Anda berkenan menjalin hubungan sebagai partner sinergis ataupun rival sehat p
Berapa teman Anda di facebook; di atas dua ribu? Atau di atas empat ribu barangkali? Lantas itu mengartikan apa? Kuantitas, iya. Tapi mari kita lihat aspek K yang kedua: Kualitas. Apakah jaringan Anda berkualitas? Jangan-jangan lebih dari separuh teman Anda adalah orang-orang yang tidak/belum Anda kenal.

6. Sang Murid

Salah satu penanda bahwa kita punya kepahaman dan kepakaran adalah dengan melihat kemampuan kita dalam berbagi. Akan baik sekali manakala Anda memiliki orang-orang yang dengan mereka Anda bisa berbagi pengalaman dan pembelajaran. Tak perlu ada akad resmi sebagai mentor atau guru, dalam bentuk apapun kita bisa berbagi. Tidak hanya itu, seringkali orang-orang yang belajar dari Anda ini bisa membuat kita lebih termotivasi dalam produktif dan berkarya, sekedar dengan adanya perasaan bahwa ada orang-orang yang memperhatikan gerak gerik dan performa kita.

Nah, sudahkah Anda memiliki relasi dengan komposisi tipe semacam di atas? Untuk jaringan yang sudah dipunya, Anda bisa mulai golongkan mereka dalam model ini

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s