Cover_SBB

Now back to business stuff ! ^_^

Buku Strategy Bites Back memberikan visualisasi yg menarik tentang bagaimana produk & jasa diluncurkan ke pasar. Penjelasannya diberikan dalam bentuk metafora; terdiri atas perangkat luncur, menggambarkan organisasi, yg mengirimkan proyektil, yakni produk atau jasa.


Institusi/perusahaan digambarkan sebagai sebuah perangkat peluncur yg membangun, menghasilkan dan mendistribusikan produk dan jasanya pada pasar. Untuk melakukannya, institusi melakukan serangkaian fungsi bisnis yang urutan tertentu yg oleh Michael Porter (1985) dinamakan Value Chain. Seperti digambarkan, desain (dari produk & proses) dan produksi adalah platform dasarnya, sementara supply & sourcing (financing) membentuk satu menara, sementara administrasi & support (misal public-relations & industrial-relations) menjadi menara satunya. Kendaraan luncur sendiri memiliki dua roket pendorong (yg lalu jatuh dalam perjalanan produk) – yg pertama sales & marketing, dan yg kedua distribusi fisik.

Institution

Selanjutnya, buku ini memberikan visualisasi untuk menjelaskan bagaimana produk (atau jasa) diluncurkan ke pasar bidikan. Cara2 ini bisa digambarkan dalam serangkaian generic strategies berdasarkan sifat alami dari produk (atau jasa) itu (ukuran, bentuk, dsb) daan urutan peluncurannya (frekuensi, arah, dsb).
Yang pertama adalah generic strategies yg mengkarakterkan produk itu sendiri:

generic_strategy

Lalu ada juga strategi yang memperluas jangkauan dari produk yg ditawarkan;

penetration

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

2 responses »

  1. sempulur mengatakan:

    Ditunggu artikel teori strategi selanjutnya dan terima kasih telah berbagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s