Di dunia olahraga, warisan Michael Jordan begitu besar, sampai melampaui batas2 konteks olahraga. Jordan telah mengubah sikap banyak atlet modern. Dia ingin punya pengaruh positif thd pemain masa kini & akan datang. Namun dia mengkhawatirkan dominansi uang terhadap olahraga. Dia akui bahwa uang memang merupakan bagian darinya, tapi dia tidak pernah memperkenankan uang mendikte gaya bermainnya. Dia lebih suka dikenang karena cara bermainnya, bukan karena iklan yang dibawakannya.
Salah satu kekuatan terbesar Jordan adalah kemampuannya dalam berfokus; untuk berkonsentrasi penuh, untuk menyingkirkan segala hal selain yang perlu dia lakukan saat itu.

Kemampuan berfokus & konsentrasi inilah yang membawa dia selangkah lebih maju setiap hari. Dia tidak bisa menoleransi kehilangan konsentrasi -baik itu dari rekan tim, pelatih, atau dari siapapun. Dia amat mengetahui akibat, bahkan bahaya dari terpecahnya fokus. Dan dia hampir2 tidak mau menonton acara televisi atau siaran radio apapun selama akan bertanding agar dia bisa menjaga konsentrasinya.

Bahkan, dia menganggap dorongan bersaing dengan orang lain juga bisa mengganggu kemampuannya dalam berfokus. Makanya itu, dia lebih suka bersaing dengan dirinya sendiri.

Ada satu trik menarik agar Jordan tetap bisa berfokus. Dia memiliki rutinitas khusus yang tidak pernah dilewatinya, aktivitas2 kecil maupun besar. Dia tidak pernah terlambat, dia selalu datang lebih awal. Dia selalu mengenakan kaus kaki dengan cara yang sama setiap hari, lalu mengenakan sepatunya dengan cara yang juga sama setiap hari. Segalanya harus selalu sama. Bahkan dia pernah memarahi wartawan karena tidak mewancarainya sebelum bertanding, suatu formalitas ‘ritual’ yang biasa dilakukannya setiap sebelum akan bertanding.

Dengan memiliki aktivitas yang dirutinkan, sampai pada perihal yang kecil, dirinya mjd lebih bisa terfokus utk lakukan hal2 yang penting.

Kalo kita mengejar dua kelinci bersamaan, keduanya pasti akan lolos. Dan berfokus pada hal-hal di sekeliling akan mengurangi kemampuan berfokus pada perihal di depan mata.

Dari buku: How to be Like Mike

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s