Key to Success
Membangun bisnis itu banyak seninya. Ketika sudah sampai pada jurus-jurus bisnis tingkat tinggi, terkadang kita malah melupakan kaidah atau kunci-kunci dasarnya, terutama ketika diminta untuk memberi mentoring bisnis pada mereka yang baru saja memulai bisnisnya.

Jan B. King menulis buku yang berjudul “Business Plans to Game Plans: A Practical System for Turning Strategies into Actions“. Dalam bukunya itu, dia memaparkan beberapa kunci sukses utama yang berlaku bagi usaha kecil apapun yang baru berdiri. Yang di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Buatlah setiap produk hasilkan profit. Jangan sampai ada yang dilepas rugi.
  2. Teruslah berusaha mengurangi overhead cost. Perhatikan betul antara yang sekiranya butuh dan yang benar-benar secara nyata dibutuhkan.
  3. Buatlah produk baru sementara mempertahankan tingginya kualitas produk yang telah ada. Mintalah umpan balik dari pelanggan.
  4. Cari dan pertahankan pelanggan bernilai tinggi; gunakan kaidah 80:20.
  5. Ciptakan dan pertahankan tingkat kepuasan pelanggan. Beri apa-apa yang melebihi ekspektasi.

Sementara itu Greg Reworth dari Progressive Business Solution memiliki tujuh kunci

  1. Ambil kendali. Secara proaktif mengambil tindakan dan bertanggungjawab atas situasi yang terjadi pada diri. Tidak bersibuk menyalahan orang atau pihak lain.
  2. Harus tahu ke mana hendak menuju. Membuat sasaran juga dimaksudkan untuk menciptakan kegairahan dan kesenangan. Sehingga aktivitas membuat goal dalam bisnis adalah juga merancang kesenangan.
  3. Sebarkan kabarnya. Artinya jangan dirahasiakan karena malu. Pengiklanan juga jangan angin-anginan.
  4. Lakukan apa-apa yang Anda bisa lakukan dengan amat bagus. Dengan demikian, para pelanggan Anda akan datang kembali bersama teman2 mereka.
  5. Latihlah orang lain agar bisa melakukan lebih baik ketimbang Anda. Jangan makan semua pekerjaan sendirian. Meskipun awalnya belepotan, toh orang lain pada akhirnya bisa lakukan dg lebih baik kalo saja Anda mau melatih mereka dan memberi mereka waktu.
  6. Buatlah ukuran. Apapun yang Anda bisa ukur, berarti itu juga bisa dinaikkan. Sehingga untuk mengembangkan bisnis, ukuran itu harus Anda buat.
  7. Rayakan kemenangan dan keberhasilan Anda. Ini akan membuat sumberdaya fisik dan emosi Anda akan kembali terisi.

jin kunci sukses usaha

Jika Jan B. King memberi lima (sebenarnya di bukunya sih lebih), Greg Reworth beri tujuh, maka Brian Tracy hanya memberi tiga. Bicara tentang kunci kesuksesan bisnis, dia mengatakan bahwa hanya ada tiga kunci untuk memulai dan membangun sebuah bisnis yang sukses, mencapai kemakmuran pribadi, dan jadi kaya raya.

Kunci pertama adalah menemukan produk ata jasa yang diinginkan dan dibutuhkan orang dan mereka bersedia untuk membayar dengan harga yang memungkinkan Anda beroleh keuntungan.

Kunci kedua adalah memasarkan secara agresif dan menjual produk atau jasa dalam jumlah yang mencukupi sehingga Anda beroleh keuntungan yang memadai dan memungkinkan Anda untuk mengulang dan mengulang lagi prosesnya.

Kunci ketiga adalah belajar bagaimana mengelola, mengatur, dan memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran Anda.

Lebih dari 90 bisnis yang bermasalah memiliki kelemahan dan masalah dari satu atau lebih dari ketiga kunci di atas. Untuk evaluasi sendiri, silahkan Anda beri skor bisnis Anda dalam rentang 1 sampai 10 atas tiga kriteria kunci di atas.

Yang jelas kabar baiknya begini: bahwa seluruh keterampilan bisnis itu bisa dipelajari. Semua keterampilan menjual bisa dipelajari, demikian juga dengan seluruh keterampilan yang intinya menghasilkan uang. Semua orang yang pandai mencetak uang pada saat ini sebelumnya adalah orang-orang yang tak pandai mencetak uang dan mereka telah lakukan banyak sekali kesalahan. Mereka-mereka yang sekarang ada di atas, maka dulunya mereka pernah di bawah. Setiap mereka yang berada di garis depan kehidupan memulainya dengan berdiri di garis belakang.

So, yang penting kita terus belajar.

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s