Manajemen waktu bukanlah tentang berusaha memenuhi 24 jam waktu yang kita punya dengan sebanyak mungkin aktivitas sampai kemudian kita benar2 tenggelam di sana. Dalam buku “Good to Great”, Jim Collins menyatakan bahwa salah satu kesamaan perusahaan2 besar adalah kemampuan mereka dalam bersikap awas dan seksama terkait apa2 yg mereka saat ini biasa lakukan untuk kemudian perlu untuk dihentikan, atau stop dari melakukan itu lagi. Nah, dalam produktivitas pribadi, konsep ini ternyata juga berlaku.

Selama seminggu atau dua minggu ke depan, setiap kali Anda mengisi “To-Do List” Anda (Jika belum, maka sebaiknya Anda mulai memilikinya) atau mengarsir kelender Anda untuk jadwal tertentu, tanyakan: “Apakah kerjaan ini punya nilai manfaat atau bisa memberi hasil positif untuk saya dan institusi saya?” “Apakah aktivitas ini membawa aku jadi lebih dekat ke target impian yang aku harapkan?” Bila jawabannya adalah Tidak, maka langsung pindahkan itu ke daftar “Stop Doing”.

Gunakan energi Anda hanya untuk hal-hal yang memang penting dan bermanfaat. Anda tentu sudah mengenal aturan parato 80-20, bukan? 80 % perolehan finansial Anda datang dari 20 % aktivitas Anda. Namun manakala sejak awal aktivitas Anda sudah terisi dengan hal-hal yang tak penting, maka aturan ini akan menjadi 90 – 10. Itu artinya, ada potensi banyak aktivitas tak berguna dari 90% aktivitas Anda.

  • Stop kebiasaan cek email setiap sepuluh menit sekali
  • Stop kebiasaan membaca semua berita dari semua channel televisi dan koran
  • Stop berlangganan lebih dari 100 blog
  • Stop kebiasaan youtube setiap kali baru datang di kantor sebelum mulai kerja
  • Stop mampir njajan setiap kali berangkat ke kantor

Setiap orang punya daftar yang berbeda; tentang apakah aktivitas yang perlu dibuang dan dihentikan dari kebiasaan, Anda sendiri lah yang lebih tahu.

About Wellcome to iqbalsukses

Terlahir ke dunia yang fana pada hari selasa,,tepatnya pada saat sang fajar menyingsing.. Tumbuh dalam keluarga yang sederhana dan religius.. Sekarang menempuh hidup, mencoba menjadi sosok pribadi yang berguna bagi orang lain, terutama orang tua.. Salam Kemenangan.. Pencari kebahagiaan dunia & akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s